Cara Install Mediatek Preloader USB VCOM Driver - Squad Android

Salah satu kendala saat mencoba untuk flash rom pada chipset Mediatek adalah driver yang terinstal tidak benar. Memang sedikit susah klo berurusan dengan chipset Mediatek. Namun dengan instructional tutor ini, saya harap bisa sedikit lega karena sebenarnya menginstal Mediatek preloader usb vcom driver itu tidak sesusah yang kita kira. 




Dalam tutor akan dijelaskan cara menginstal Mediatek preloader usb vcom driver pada Windows yang berbeda versi, yaitu Windows 7, Windows 8, 8,1 dan Windows 10 melalui media gambar agar sobat dapat mudah pahami apa yang harus dilakukan. Namun karena saya hanya punya Windows 10, jadi gambar pada tutor merupakan hasil screenshot Windows 10. Tenang aja, menu hampir sama dengan Windows 7 dan Windows 8.

Karena tutor ini berhubungan sama flash, mungkin sobat tertarik juga untuk membaca "Cara Flash Stock ROM Dengan Menggunakan SP Flash Tool". 

Bahan yang perlu dipersiapkan :
1. PC/Komputer, Laptop dengan OS Windows 7, 8, 8.1 atau Windows 10 (x86 atau x64).

Langkah Instalasi :

1. Ekstrak hasil download diatas. Sobat bisa melihat ada folder MT6577 USB VCOM drivers dan didalam folder tersebut, terdapat beberapa folder yang berisikan file berekstensi inf


2. Buka Control Panel di komputer/PC


3. Buka Device Manager di komputer/PC lalu klik menu Action  dan Add legacy hardware

4. Kita akan melihat hardware installation wizard. Pilih Next


5. Setelah itu akan melihat 2 menu pilihan. Pilih Install the hardware that i manually select from a list (Advance), lalu pilih Next.


6. Pada menu Common hardware types, langsung  klik  Next saja sampai menemukan menu Have Disk seperti pada gambar dibawah.

7. Setelah  memilih menu Have Disk, muncul  Install from disk. klik Browse


8. Browse menuju file yang sudah ekstrak dan pilih file berekstensi inf. Buat Windows versi 32 bit atau x86, pilih file usb2ser_Win7.inf, dan buat Windows 64 pilih file usb2ser_Win764.inf, lalu pilih Open dan OK.

9. Selanjutnya pilih Model,  pilih Mediatek PreLoader USB VCOM Port dan pilih Next.


10. langsung saja pilih Finish.

11. Sekarang bisa flash rom tanpa hambatan apapun. Bila status di "Device Manager" menandakan error yang ditandai dengan segitiga berwarna kuning, biarin aja.

Itulah tutor lengkap untuk menginstal Mediatek Preloader USB VCOM Driver di Windows. Semoga informasi ini berguna untuk semua. Bila sobat masih bingung silahkan berkomenter.

First